Laman

Rabu, 02 April 2014

H-12



Sebelumnya saya minta maaf sama dokter poli saraf karena seharusnya saya nggak boleh banyak ngetik dulu. Tapi saya kelewat geram. Terlalu banyak yang harus saya luapkan dari isi kepala saya. Jadi, masa bodo lah sama CTS ini. Jujur, ini tangan keram tapi lebih keram lagi hati ea.(teteup curhat)

Sekali lagi minta maaf juga kalau posting ini akan penuh kobaran emosi. Karena saya sendiri capek. Capek mencoba mengerti jalan pikiran temen-temen yang nggak searah sama saya. UN tinggal 12 hari lagi, tiap hari ada aja yang ngirimin bc bbm yang isinya ya kurang lebih minta maaf dan minta doa. 

 
Semuanya ingin happy ending, semuanya ingin lulus, Miran pribadi maunya lulus bareng-bareng. Bener, emang nggak enak bahagia kalau cuman sendiri, tapi berjuang sendiri juga nggak enak. Miran kesindir jelas dengan kalimat “….jangan lagi main pelit-pelitan” karena Miran cukup pelit. Miran pernah dimusuhin sama temen-temen gara-gara pelit kalau ujian. Miran nyaman? Miran tega ngeliat temen-temen Miran susah? Nggak, sebenarnya kadang kalau lagi ujian dan di dalam kelas isinya pada nyontek dan Miran sendiri yang nggak nyontek itu nggak enak, ngeliat tampang-tampang suram putus asa. Jujur, nggak sanggup, (kadang) padahal Miran juga sama kesusahan, kalian keliatan susah tapi bareng-bareng. Sering dilema juga kalau sudah begitu, karena harmonisasi (halah) maksudnya suasana kelas kalau lagi nyontek itu indah banget, solid. Yang nggak teguran kadang jadi teguran karena nyontek (seriously). 

Tapi yang Miran heran adalah kenapa solid buat belajar bareng, nanya sama temen yang bisa sebelum ujian itu susah. Padahal kalau gitu bukannya lebih indah ya? Kalian berkoar-koar ayo lulus bareng-bareng, tapi kalian nggak mau belajar bareng-bareng. Temen-temen yang lain belajar, kalian main. Temen-temen diskusi bahas soal, kalian ngerumpi. Itu yang namanya solidaritas? Kalian ngukur solidaritas hanya ketika ujian, selebihnya? Kemana kalian ketika teman kalian susah payah belajar? Kalian ngobrol, kalian malas-malasan. (sekali lagi) Itu kah yang kalian bilang solidaritas? Yang kerja sama pas ujian? 

Maaf temen-temen. Mungkin Miran salah mandang kalian, mungkin Miran juga menghakimin kalian berlebihan. Tapi nyatanya yang Miran lihat begitu, Miran kadang nunggu ada yang ngajakin Miran buat belajar bareng, kadang juga Miran suka konsul di tempat les ngajakin temen-temen, tapi cuman sebagian yang terbuka hatinya buat berjuang. Tuhan itu sudah ngasih kita otak yang sama kan, dengan kapasitas yang sama, materi ujian juga sama, yang bikin hasil kita beda adalah usaha kita.

Kata gurunya Miran ketika seorang balita belajar jalan apakah harus kita bantu terus dia, kita tuntun terus dia, nggak, yang ada nggak bisa-bisa balita tersebut jalan, kita biarkan balita itu jatuh dan berdiri sendiri.
Sama kayak balita tersebut, Miran anggap temen-temen semua sudah dewasa, bahkan bukan balita lagi. Kalau seorang balita aja sanggup berdiri sendiri dan sukses jalan. Masak kalian yang dewasa nggak? Guys,  mumpung masih ada waktu. C’mon bangkit berjuang sama-sama, lulus sama-sama, teriak lulus sama-sama. Aku sendiri bingung gimana bisa nyontek kalau tiap ruangan aja paketnya beda-beda, pake bardcode. Terus kalau mau nyontek itu gimana?

Aku mau ganti kalimat “jangan ada lagi yang pelit-pelitan” dengan “jangan ada lagi yang malas-malasan” kita lulus bareng kok pasti lulus 100% asalkan kita mau usaha. Miran juga ngingetin, usaha itu banyak tapi usaha yang banyak itu harus dipilih yang terbaik. Bagaimana pun juga, hasil ujian kita untuk ijazah kita kelak. Yang mau kerja, harus pake ijazah. Kalau ijazah kita isinya nilai yang kita dapat dengan hal-hal nggak baik. Kemudian dari pekerjaan tersebut kita dapat uang, berarti kita dapat uang dari hasil yang nggak baik, walaupun kerjaan kita halal. wallahualam sih. Miran hanya mengingatkan. InsyaAllahh kalau kita di jalan yang baik, pasti Allah juga memudahkan kok. 

Sekali lagi maaf, Miran tau keadaannya gimana. Orang-orang kayak Miran ini berdiri sendiri, kalah sama kalian yang banyak. Mungkin dari satu kelas perbandingannya cuman 1 dari 10 orang. Tapi Miran bukan type orang yang suka bikin temen seneng diawal dengan hasil yang nggak menyenangkan di akhir. Miran nggak mau menjurumuskan teman. Miran nggak tau cara lain, kalau dengan pelit saat ujian itu sangat kejam. Miran mohon maaf. Semoga Tuhan selalu menyertai jalan kita semua. Sukses untuk kita semua.

Miran tetep berharap, semua happy ending lulus 100%, masuk univ impian, yang mau kerja dapat pekerjaan impian, and so on. Tetap semangat ^^9

Best regards, Miranti RA.

1 komentar:

K. R. Primawestri mengatakan...

Semangat terus Miraan, terus percaya sama apa yang kamu tahu benar, afterall meskipun perjuangannya dilakukan bareng-bareng, hasilnya ke masa depan selalu balik bergantung ke diri kita masing-masing^^

Semoga bisa melalui masa-masa UN yang sulit dengan baik dan bisa ngelanjutin ke universitas dan jurusan terbaik buat Miran yaa^^