Laman

Minggu, 20 Oktober 2013

Galau Univ

Hallo! Jumpa lagi bersama owner yang paling manis tanpa sakarin atau pemanis buatan lainnya. Wkwk. Lama menghilang karena terlalu sibuk dengan jadwal yang sebenarnya nggak padat-padat banget, cuman karena lebih hobi main, nongkrong, and many more. Jadi, jarang menjamah dunia maya. Ceileh dunia maya. Too many stories lah yah. Tapi kali ini aku bakal posting sesuatu yang menjadi standar gaul anak kelas 3 SMA. Nggak juga sih, tapi menurut aku ini standar gaul. Karena dari dulu selalu cuman baca kakak-kakak yang ngepost dan sekarang, aku bakal ngepost tentang...... penasaran? Penasaran aja apa penasaran banget??? Hehehe. Jadi, kali ini aku akan curhat sekaligus sharing tentang galaunya milih universitas *puterin backsound horor*

Jadi, minggu lalu aku mengikuti test beasiswa salah satu PTS, cukup dadakan, dan hanya modal fotokopi rapor dan nekad kemudian doa. Tanpa restu orangtua, karena orangtua lagi keluar kota. Ada cerita ditelpon tapi ternyata orangtua mikir kalau testnya itu masih lama *plak*

Test pun berlalu. For your information aja sih, soalnya semuanya totally english. Nggak ada Bahasa Indonesia sedikit pun. Susah? Banget. Emang bener soal Bahasa Inggrisnya itu mudah, tapi matematika bisnis dan psikotesnya itu loh. Nggak paham aku soalnya apa. Ya rata-rata modal ngasal semua, tapi kalau yang paham sampai botak nyari jawabannya.

Setelah test aku langsung pasrah. Dapat beasiswa full berarti itu sebuah keberuntungan, kalau mungkin dapat yang nggak full orangtua sanggup mungkin bakal ambil.

Sampai akhirnya seminggu berlalu dan aku pun hampir lupa. Sudah nggak kepikiran lagi lah pokoknya sama beasiswa tersebut. Kembali ke manusia yang hobinya buang-buang waktu buat ketawa-ketiwi sama teman-teman, datang les, tryout bimbel,

Sampai akhirnya sabtu pagi setelah malamnya itu sempat telponan sama kak arga membicarakan tentang universitas tersebut dan sudah dapat gambaran gimana-gimananya. I mean, gimana jadi anak kuliahan, gimana jadi anak kos, gimana rutinitas, dan segala macamnya. Yang terpenting sudah tau biaya makannya anak kuliahan yang di Jawa Barat dan perbandingannya sama Kak Arga yang kuliah di Malang. Waktu malam itu aku juga masih lupa kalau pengumuman test hari jumat. Nggak ada juga menjamah dunia per-internet-an sampai akhirnya bobo malam dan terbangun subuh-subuh, jam-jam biasa bangun. Ngecek hp, ada email, agak kaget, tumben ada email sepagi itu. Aku mikir itu email dari anak buletin mungkin. Tapi ternyata yang gue baca email ini. Jeng jeng jeng jeng.....


Setelah ku baca dan menelaah. YaAllah.... Aku nggak lantas bahagia dulu, langsung ngecek kuota flash, ternyata sudah habis, untungnya ada bonus banyak di nomerku yang satunya. Langsung nyalain wifi buka browser. Log in. Sempat bingung ngeliat hasil testnya dimana. Tapi akhirnya kutemukan juga itu linknya dan kutemukan tulisan ini, jeng jeng jeng jeng......
WOW!! Aku ulang-ulang baca itu. Buat aku yang belum berpenghasilan duit segitu banyak banget. Aku nggak sanggup ngebayangin sih.... banyak. Wehehehe.  Ya saat itu aku masih ngarep ke univ ini karena sempat terlena dengan program-program dari universitasnya. Well, their programs are good kok buat kalian yang memang kuliah untuk dapat kerja. Nggak usah dijelasin deh yah programnya gimana, karena aku nggak dapat bayaran apa-apa buat ngiklanin universitas mereka. hwehehe. Ohiya, uversitasnya makai bahasa inggris, jadi mahasiswanya wajib belajar berbicara and many more dengan menggunakan bahasa inggris. Keren kan? Nggak cuman itu, kita juga bakal ketemu mahasiswa dari luar negeri karena memang begitu adanya (sekali lagi malas ngejelasin panjang lebar.)

Setelah berjalannya waktu, pulang sekolah kemarin kan aku ada tryout susulan di GO. Aku laksanakan lah tryout itu. Setelahnya aku pinjem komputer cs buat browsing biaya universitas lain dan lumayan lah biaya ku yang 10jt persemester itu lumayan murah. Tapi sekali lagi guys, aku ngerasa itu uang banyak banget dan aku juga pernah bilang sama orangtua kalau bakal usaha paling nggak, nggak terlalu ngerepotin mereka lah. Emang sih, kalau masuk UGM contohnya yang aku tau, untuk papaku yang bergaji blabla, aku kudu bayar 20jt. Tapi setidaknya aku masih bisa usaha nyari beasiswa di dalam kampus. Jadi paling nggak orangtua habis-habisan di awal aja. Well, aku tau banget bagaimana perekonomian keluarga saat ini, bagaimana kondisi pabrik tempat papaku kerja saat ini. Aku nggak mau nuntut banyak lah sama orangtuaku, dikasih izin ngambil jurusan apapun aja aku sudah seneng, apalagi biayain masuk kuliah, yang pastinya mereka cuman nyuruh aku usaha aja dulu. Hal itu juga yang membuat aku mikir-mikir lagi buat ngambil beasiswa di President University. Karena sepertinya juga opportunity buat nyari beasiswa di dalam kampus pun susah.

Hidupku mungkin nggak susah-susah amat memang. Tapi entah salah siapa yah, orangtua nganggep dulunya anak perempuan nggak usah lah ya sekolah tinggi-tinggi(mungkin gitu). Jadi, cuman adekku aja lah yang diasuransi pendidikan. Sedangkan aku? Papa baru mulai nabung buat kuliah itu dari beberapa bulan yang lalu pas aku sudah dapat KTP dan tabunganku diatas namakan namaku. Itupun karena ATMnya ada di tanganku, aku jadi kadang seenaknya make. Sumpah deh, sekarang nyesel jadi orang boros. Sekarang sudah ngerti, biaya kuliah itu emang beneran nggak sedikit mau PTN atau PTS sama aja.

Sudah ngerti, sudah tau, dan sekarang sudah nggak mau main-main lagi sama uang. Awalnya aku nabung buat beli macbook. Kali ini, buat kuliah aja deh. Once again, nggak tega sama orangtua. Walaupun tadi mama juga pas dikasih tau langsung nanya "Nggak kamu ambil?" dengan kata lain orangtua bakal ngusahain mampu, tapi kayaknya aku yang nggak akan tega.

Hidup ini kan pilihan dan pilihanku meninggalkan dan berusaha lebih keras lagi. Tadi pagi habis M3nya Ganesha Operation dan lumayan semangat lagi buat ngejar PTN. Bismillah. Yakin dan usaha aja dulu, selalu berdoa.

Ngutip kata-kata dari 5cm....

“Kemudian yang kamu perlukan hanyalah kaki yang akan melangkah lebih jauh, tangan yang akan berbuat lebih banyak, mata yang akan melihat lebih lama, leher yang akan lebih sering mendongak, tekad yang setebal baja, dan hati yang akan bekerja lebih keras serta mulut yang selalu berdoa.” 

Intinya sih, mumpung masih ada waktu. Mumpung sadarnya belum terlambat. Jangan sampai menyesal lah. Buat semuanya termasuk aku, kalau punya mimpi jangan cuman bisanya ngayal. Do something. Tuhan kan ngasih hasil terbaik untuk sebuah proses terbaik juga. 

So, sudah cukup gaul kah postingan aku kali ini? Wkwk. Lain kali kita bakal bahas lagi deh yah.... Yang lebih gawwwl :3
much love,

miranti

3 komentar:

Meitha Siregar mengatakan...

congrats! setauku kalo ambil scholarship di president itu susah loh kak, but think it twice ;)
IMO, ortu bakal ngelakuin apapaun untuk kebaikan anaknya karena pada dasarnya nanti hal itu akan kita berikan kembali untuk kebaikan mereka di masa tua :D

Lomba Review & Kontes SEO 2013: SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang

K. R. Primawestri mengatakan...

Aduh, saya jadi tersentuh baca postnya :' keinget lagi dulu waktu SMA mau luls dan semua kekhawatiran yang kamu tulis ini :' well, it's a phase that hopefully will make you learn a lot :'

aku harap dengan niat kamu untuk bisa berusaha sebaik mungkin dan nggak membebani ortu (regardless what they're willing to give for you that means anything :''') kamu bisa dapat yang terbaik ya :''' amiin, amiin, insya Allah bisa lanjut di PT mana aja yang terbaik buat kamu :''' do not lose faith ya :'''

MRA mengatakan...

@Meitha kan katanya. tapi sebenarnya nggak juga sih, untung-untungan.
@Prima Yupsss. Aaamiin. Terimakasih doanya.

In the end they (parents) will do anything for their children. :')