Laman

Minggu, 14 Juli 2013

Ramadhan is the greatest month

 Time so flies. Sekarang sudah ke-17 kalinya dalam hidup gue ngerasain ramadhan. Kalau ngerasain puasa ini sudah tahun ke-13 kurang lebih segitu. Boleh sombong dikit kan? Niatnya nggak sombong sih cuman mau sharing. Gue dari TK kecil a.k.a TK-A sudah dibiasain puasa. Nggak dipaksa loh. Gue entah kenapa pengin ngerasain serunya bisa buka puasa, sahur, etc. Yang jelas gue juga musti bersyukur punya nenek yang luar biasa sabar bangunin gue tiap sahur dan pastinya nyuapin gue tiap sahur.

Flashback…..

Jaman gue dulu masih awal-awal puasa, gue ya gimana kebanyakan anak-anak yang gue tau cuman nahan lapar. Gue juga sering dengar kalimat, “kalau nangis puasanya batal.” Tapi waktu itu gue benar-benar nggak ngerti maksudnya apa dan ya iya-iyain aja lah kalau diomongin gitu. Gue kalau bangun sahur dibangunin nenek gue, selalu. Disuapin nenek gue, selalu. Yang pasti waktu jaman gue dulu kecil, gue suka banget nunggu sirene waktu imsak yang bunyinya melengking nan panjang itu. Gue sengaja minum banyak-banyak waktu bunyi sirine itu. Gue biasanya lomba-lombaan sama om-om gue buat banyak-banyakan minum. Tapi gue selalu cuman bisa minum segelas. Gelasnya ramping pulak, pokoknya gelas favorite gue pada jaman itu lah. Buat menu makan sahur? Indomie kaldu ayam + teh es! Itu menu paling extra luar biasa buat keluarga Sofyan. Karena hal itu juga rasanya kalau nggak makan mie sampai sekarang gue lemes. Mihihihihi. Kangen :’* Sahurnya sambil nonton acara-acara di tipi lah pokoknya macam-macam kan tuh. Tapi kayaknya jaman gue TK gue masih milih buat langsung tidur deh habis makan sahur. Kalau lagi pengin atau diajakin sama tante gue ya ikut solat subuh. Tapi kan waktu itu masih cilik gitu, jadi kadang solat…. Kadang nggak. Duuuh.
Wait…
 Gue sama sekali nggak hebat kok. Nggak sama sekali. Yang hebat itu nenek gue. Beliau yang sabarnya, subhanallah…. Beliau itu kalau gue mulai lapar pasti nyuruh gue tidur, gue juga pasti langsung nurut aja tidur. Kalau emang laper banget, ngerengek minta buka juga entah gimana caranya beliau ngasih semangat biar gue tetap bertahan. Nenek gue itu luar biasa woy!!!!!!! Terus, acara tipi yang paling gue suka jaman-jaman itu adalah lorong waktu. Wuuu. Itu loh yang kalau mau ngilangin orang ngetik pake keyboard cepat-cepat. Ngetik kode-kode gitu. Yang kerennya karena itu sinetron keyboard computer di rumah nenek sampai berkali-kali ganti karena gue sama uncit (adeknya papa yang paling bontot) suka main ngesok-sok lorong waktu gitu. Pokoknya, koplak gitu lah. Nggak berasa kan jadinya laparnyaaa? Buat adek-adek yang mau nyobain puasa cobain aja nonton upin-ipin. Huehehehe. Masih kecil guys, cuman buat belajar doang. Gue waktu itu juga belum paham sama makna puasa. Seperti dari awal gue katakana yang gue tau, puasa itu about hold your starving…. Nahan lapar maksudnya. Sama haus pastinya. Cuman aku emang nggak doyan makan, jadi senang aja ngg ak boleh makan tapi nahan haus itu ampun-ampun coy.. Nah, kan gue juga sudah ngaji waktu itu. Kalau sore gue ya dianter ngaji sama inggi ipul (itu semacam ojek keluarga #eh dia itu adeknya papaku juga inggi itu nama panggilan buat om susah deh jelasinnya, kalau orang banjar pasti tau lah.) Kalau pulang ngaji itu perut sudah mulai keroncongan lagi dan haus merajalela. Terus di jalan gue buka mulut gue lebar-lebar gue makan angin sampai mampus. Wkwkwk. Keren kan? Faktanya coy gitu. Gue kan naik motor duduk di depan ya gue yang banyak akalnya kepikiran aja. Terus pas solat, air wudhu gue telen. Terus pas ngaji ketemu temen yang nggak puasa. Diajakin mokel gue ikut aja. Karena gue mikir nggak ketahwan juga. Pas sampai di rumah om gue kan selalu nanya sebelum buka puasa. “masih puasa kan?” | “masih dooong.” | “amasaaaa sih????” | “iyaaaa!” *gue mulai koneng* |”nggak buka duluan kan?” |”nggak laaah” *gue masih berusaha nyangkal* | “nggak makan sembunyi-sembunyi kan?” | “ngggak kooook” *koneng tingkat anak SD lupa ngerjain PR* | “awas bohong, ntar dicek di lorong waktu loh.” | “cek ajaaa” *untung gue nggak bisa dibotekin jadi gue nggak percaya* :)))) Hikmah: Kata siapa anak kecil itu jujur?

Kalau ketemu anak kecil kayak gue…. Jangan dipercaya hehehehehe. ^^V Menu buka puasa?????? Gorengan + roti selai kacang + sirup ABC!!!!!!!

AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! Gue-kangen-banget-banget *klimaks* Gue kalau lagi diajakin (lagi-lagi) mungkin kalau gue lagi manis dan moodnya om gue lagi bagus gue bakal diajak buat beli gorengan. Kadang juga mungkin karena gue sudah mulai lapar. Gue disuruh nenek ikut beli gorengan. Gue suka banget tempe goreng. Gorengan langganan jaman gue dulu itu di jalan manggis BTN PKT. Yaaaps! Sampai sekarang masih ada. Pernah sekali waktu beli gorengan karena langganan mungkin atau apa gitu gue dikasi tempe goreng, langsung dipegang gitu, sebiji doang. Gue puasa kan, jadi waktu yg jualan itu ngasih gue cuman geleng-geleng dan berharap bala bantuan. “Tolong gue udah nggak kuat lagi….. tempenya dekat banget.” Mungkin batin gue waktu itu teriak-teriak kayak gitu. Om gue bilangin ke penjualnya, kalau gue puasa. Wah. Si yang jualan takjub, nyubit pipi gue kemudian ngasi gue tambahan satu tempe gratis lagi. Woooow! Penghargaan sekecil apapun kalau ikhlas itu berasa coy. Sepulangnya di rumah gue cerita ke nenek dan minta kalau dua tempe itu harus dipisahin, karena gue mau makan nanti pas buka. Lo ngerti lah, ini permintaan yang nggak masuk akal. Tapi nenek gue tetap turutin. Rotinya roti tawar cita rasa yang di koperasi beli selainya juga di swalayan koperasi, sirup ABCnya juga. Rasanya kalau nggak jeruk, manga, leci. Sirupnya itu yaaaa segaloooooon!!!!! *lebay* pokoknya banyak banget lah sirupnya itu. Tapi dimasukin satu-satu ke gelas-gelas. Terus pasti gelasnya itu banyak dan ya gue sudah dostip dostipan sama om-om gue. “aku yang ini, dostip” wkwk. Buka puasa itu suasananya rame. Semuanya ngumpul di ruangan samping dapur. Lesehan. Pintu belakang dibuka. Terus aku bakal duduk-duduk nunggu buka puasa di tangga belakang rumah. Terus aku juga seneng banget niru-niruin suara sirine biar ada yang kecelek (ketipu). Sekali lagi, gue puasa waktu kecil buat seru-seruan karena yang ada dibenak gue orang puasa itu keren. Lagian kalau gue nggak puasa, gue sendirian. Gue waktu itu nggak suka sendirian. Gue seneng sama yang rame-rame. Gue kangen keluarga besar yang ngumpul, yang belum pada nikah, yang masih cuman ada gue jadi cucu, gue egois kadang, tapi waktu dulu nggak ada masalah dan gue nggak kenal masalah….. Kayi, Lia kangen loooooh :’D

Sedikit cerita ya tentang Kayi gue. Kalau bulan puasa gue udah mulai bosan nggak ada kerjaan gue bakal duduk di samping kayi gue yang lagi baca al-quran. Kalau selesai buka puasa kayi itu bakal ngerokok. Kayi itu rokok addicted banget lah. Kayi kalau buka nggak pernah minum sirup. Kayi selalu minum teh anget. Kayi buka puasa makan cuman dikit aja paling. Gue pernah kecelekin kayi waktu niru-niru suara sirine dan kayi gue cuman bilang “payah” hahahaha. Sifat rese gue sudah ada sejak dari kecil memang.

Sekarang, sudah hari ke-5 ramadhan ya. Alhamdulillah. Semoga berkah puasa hari ini. Seharian sudah depan laptop mau update posting ini dan baru siang ini ke-update. Sekian ya dari saya. Happy fasting. :D

Tidak ada komentar: