Laman

Jumat, 10 Juni 2011

Dear Mama…

Hay.. *nada datar tanpa sedikit pun energi, semangat apalagi* Beberapa hari ini menggalau ria. Bukan ria temanku anak Makassar itu bukan. Bukan teman bukan! *oke gila*

Langung ke topik aja, tragedi ini terjadi setelah aku nerima SKHU ku. Ya sebelum posting ini ada posting yang judulnya “The Resulth” nah sebelum aku dapat itu, hidup aku bahagia-bahagia aja. Tapi setelah aku dapat itu. Bye kedamaian, rasanya…….. uh uh uh. Seperti ini tragedinya…

Aku: ma, ini SKHUnya *sambil nyerahin kertas putih yang isinya nilai aku*

Mama: Hem.. *dia baru ngeliat nilai yang 8,9 8,9 8,9 pas jreng jreng paling bawah nilai IPA 7* Loh? kok IPAnya 7?

Aku: Nggak bakat kali ya ma jadi anak IPA, aku jadi anak IPS aja.

Mama: ………

Aku: Atau anak bahasa aja ya ma? Nilai Bahasaku 9 semua ma. Keren kan? Dasar itu tes psikotes ngaur, kemampuan berbahasaku disitu rendah kan ma?

Mama: …………

Mama diem terus sampai akhirnya aku bilang gini, saat-saat pasrahku

Aku: Bagus kan ma nilaiku?

Mama: Bagus, tapi lebih bagus kalau nilai IPAnya nggak 7.

Aku: ……… *jleb*

Ya begitulah, mamaku pingin banget aku masuk SMA ambil jurusan IPA. Sedangkan aku, ya Tuhan. Aku sama IPA bagaikan langit dan bumi yang tidak akan bisa bersatu. Aku tahu persis gimana waktu aku berjuang keras buat dapat nilai kimia, fisika, dan biologi, aku tau itu nggak segampang aku dapat nilai 100 pelajaran ekonomi, sejarah, geografi. Demi-apa-pun. Aku nggak pernah tertarik sama yang namanya IPA. Aku bukan dodol banget di IPA, kalau sedikit usaha lagi aku bisa kok. Aku yakin sama kemampuanku yang sebenarnya lumayan ini. Tapi, bukan itu! Lentera jiwa. Aku lebih tertarik sama dunia sastra. Aku sempet ngedown waktu dapat hasil psikotes beberapa bulan yang lalu, dan dihasil itu kemampuan linguistikku bukan main cuman 20% walaupun minatku memang dibahasa. Tapi, aku nggak peduli. Sehari setelah aku dapat hasil itu, aku dapat nilai tryout bahasa Indonesia 9,60. Dari situ aku mulai nggak percaya sama hasil psikotes. Toh, sejelek-jeleknya karyaku masih ada kok orang-orang yang muji karya tulisku. Aku tahu, penulis di Indonesia itu banyak terus buat apa jadi penulis. Tapi, aku juga nggak tahu. Entah ini pilihan yang benar apa nggak, tapi untuk sekarang aku pingin jadi penulis, buat buku, ya aku nggak akan muluk-muluk bisa jadi penulis terkenal macam Paulo Coelho atau yang sangat legendaris itu Agatha Christie atau Mira W atau kayak Pram. Oh cukup, mereka semua senior saya yang sangat amat keren-keren karyanya. Tapi, bukan IPA juga mimpiku yang lain itu. Aku punya mimpi jadi guru, iya guru. Awalnya memang terinspirasi sama guru TK yang selalu tampil ceria di depan murid-muridnya yang selalu ceria juga. Yap, aku yang memang suka anak kecil jadi tegoda buat pingin jadi guru TK. Iya, ini sesuai sama cita-citaku dulu waktu SD kelas 3. Aku pingin banget jadi guru. Setelah tahu, mamaku juga nggak terlalu setuju aku jadi guru TK. Mungkin aku memutuskan untuk jadi guru Bahasa. Yap, dan pilihan ku tepat di Bahasa Indonesia. Aku pingin jadi sastrawan, jadi novelis, jadi jurnalis. Karena memang ini yang aku senangi, mantengin laptop berjam-jam, ngetik  entah apa. Ya ini dia! Bukan sekedar hobi, tapi lebih sesuatu yang bikin aku lupa segala hal, bahkan makan kalau sudah asik. Dengan gampangnya moodku berubah, saat sedang ngetik. Kayak saat ini, awalnya aku kurang bersemangat tapi setelah cerita panjang lebar, jadilah tulisan panjang yang ngebosenin ini.

Well well well, sekarang apa pepatah yang mengatakan “Masa depan ada di tangan kita” itu benar, atau sebenarnya “Masa depan ada di tangan orang tua kita” aku tahu setiap orang tua punya keinginan. Tapi, telat semuanya. Kalau mamaku punya keinginan aku jadi seorang perawat atau dokter, dari kecil aku seharusnya sudah dikenali dunia itu. Sekarang? Telat! Bahkan sama darah aja aku nggak berani, sama betadine aku jijik. Itu hal terparah. Mimpi itu layaknya sayap burung, pada saatnya nanti mimpiku yang akan membawaku terbang menggapai semua anganku. Lantas? Setega itukah mamaku sendiri akan memotong sayapku? Iya mimpi-mimpiku. Burung tanpa sayap, bukan burung lagi. Dan manusia tanpa mimpi, berarti bukan manusia lagi. Semoga tidak akan semiris itu.

Ma, aku harap suatu saat mama bakal ngerti apa pilihanku. Lia kecil memang pingin banget jadi anak SMA yang punya title “Anak IPA” tapi makin dewasa aku makin sadar. Mungkin memang garis keturunan atau bagaimana. Yang jelas satu hal, aku bukan nggak sanggup jadi “Anak IPA” tapi aku memang lebih tertarik pada IPS. Maaf ma, kalau saat ini aku bikin mama kecewa. Terutama kayi yang udah di surga, yang dulu waktu kecil selalu nyemangatin aku buat masuk IPA, maaf kayi ya cucumu punya jalan sendiri.

Tapi pilihan mungkin bisa berubah………………………… mungkin.

kakak

3 komentar:

Anindita Subawa mengatakan...

Halo, Miran! Apa kabar? :)
Baca posting mu yang ini bikin saya jadi keinget zaman SMA dulu. Sama seperti kamu, saya mati-matian menghindar namanya jurusan IPA. Alasannya juga mirip, payah banget kalau udah pelajaran IPA, apalagi Fisika! Duh!

Orang tua saya juga sama seperti mama mu, menentang habis-habisan niat saya untuk masuk IPS. Pikirannya sama, kalau di IPA bisa lebih sukses, lebih gampang milih jurusan, lebih elit, lebih keren, dan lebih2 lainnya. Saya? Wuih, saya mati-matian juga meyakinkan orang tua saya dengan pilihan saya, sampai berdebat hebat dengan orang tua saya.

Setelah beberapa kali berdebat super alot, orang tua saya pun mengalah. Saya juga menegaskan dengan nilai bahwa sebaik apapun nilai IPA saya di rapor, itu tidak menunjukkan saya jago dalam IPA. Apalagi jurusan IPA di SMA saya terkenal super dahsyat alias matiii susah banget pelajarannya!!! Orang tua saya menyetujui saya masuk IPS, asal saya tetap menunjukkan prestasi terbaik, misalnya tetap berada di tiga besar. Asal nilai-nilai saya tetap baik dan konsisten.

Jadi...kamu punya waktu satu tahun untuk meluluhkan hati mama mu, sekaligus meyakinkan beliau bahwa apa yang kamu pilih adalah sesuatu yang kamu inginkan sungguh-sungguh. Bener banget, lentera jiwa kamu adalah bahasa. Hasil psikotes bisa saja berbeda, tetapi selama kamu yakin dengan apa yang kamu inginkan, jalankan saja :)

Untuk sampai ke hari itu, semuanya butuh proses. Kadang apa yang kita inginkan nggak selalu mudah kita dapatkan. Pasti mama mu juga punya alasan kuat mengapa kamu harus masuk IPA, orang tua selalu menginginkan yang terbaik bagi anaknya, atau ingin anaknya lebih baik daripada mereka. Ini tantangan untuk kamu, meyakinkan mama bahwa kamu sangat suka bahasa. Buatlah prestasi dari apa yang kamu sukai, tunjukkan pada dunia keistimewaan kamu dalam mengolah dan merajut kata! Ini perjuangan kamu! :)

Jadi, selamat berjuang ya.
Semoga perjuangan kamu membuahkan hasil manis! :)

MPL mengatakan...

kamu jadinya masuk ipa yah?
hmm, saran kakak sih ikutin kata hati kamu jangan sampe nyesel.
Dikit pengalaman, kakak anak ipa. Dulu sempet sedih (belagu, hehe) waktu keterima di IPA karena pasti udah gak boleh pindah lagi kata mama papa . Mama papa pengen banget kakak jadi dokter sedangkan kakak pengen banget jadi psikolog.
Dan akhirnya setelah 2 taun di kelas IPA, kakak lulus dan entah kenapa Tuhan akhirnya ngasih jalan kakak masuk Manajemen, itu untuk orang-orang IPS.
Dan fyi dek, hasil semester kakak pertama di Manajemen bener-bener gak bisa terlalu dibanggakan. orang tua kakak kecewa dengan nilai kakak, ada rasa pengen teriak "dulu aja gak boleh masuk IPS sekarang nilai jelek malah kecewa" tapi gak enak.
Jadi pesan kakak, coba omongin lagi baik-baik ke orang tua :)
toh kita tau yang baik dan yang kurang , iyah kan ?
semangat :)
perjalanan masih panjang banget .

MRA mengatakan...

@bu dita: Hay bu dita. Kabar saya luar biasa baik. Ibu bagaimana?
Yah gitu lah bu, betapa parahnya pendidikan di negara kita. Sampai penjurusan aja pake acara harus kayak gini. Sempet nggak habis pikir aja, siapa makhluk Tuhan yang bikin IPS itu jadi dipandang sebelah mata. Jahat banget T_T
Mau sharing cerita dikit bu, dulu waktu saya kelas 8, saya pernah kepilih buat ikut seleksi tingkat sekolah buat osn IPS, sampai sana saya seneng banget. Nggak nyangka, ternyata saya juga yang kepilih buat ngewakilin sekolah, padahal saingan saya lumayan berat, teman sekalas saya yang masuk 3 besar, 2 anak kelas model yang nggak kalah pinter, dan ada adek kelas yang juga pinter. Sedangkan saya, jujur saja saya ini sebenernya nggak pinter-pinter banget. Tapi kalau saya lagi rajin nilai saya memang bagus. Jadi kalau saya mulai malas, ya saya jeblok juga. Saya senang bukan main tau saya bisa ngewakilin sekolah. Tau tau pas ngabarin ke mama, respon mama "Halah, IPS aja, apa yang bisa dibanggain" betapa sakit hati saya bu. Aduhai... Sampai sekarang kalau ingat kejadian itu rasanya uuuhhh.
Karena kejadian itu juga, saya yang awalnya punya tekad jadi anak IPA jadi berubah pikiran pingin jadi anak IPS. Karena saya yang orangnya paling nggak suka diremehin untuk hal yang saya yakini benar.
Iyaaap, saya cinta banget sama dunia bahasa. Tapi juga tertarik sama dunia pendidikan. Saya pingin banget jadi guru TK. Ehehehe. Pokoknya jadi guru aja deh. Tapi entah kapan prinsip hidup saya jadi, "jadi manusia yang produktif" saya nggak pingin jadi karyawan, dan saya pingin sekali punya TK. Kecepetan nggak sih bu uda mikir sejauh ini? Sedangkan saya masih kelas 1 SMA?
Makasih banyak ya bu buat semangatnya. Maaf baru balas sekarang, baru ngecheck komentar. Sekali lagi, saya terima kasih. Sempet terharu baca komen ibu, dan kebetulan juga nggak tau kenapa baca ulang posting saya yang ini bikin air mata bercucuran. Wehehehe.


@kak rha: Iya kak, makasih yaa semangatnya. Doain aja yang terbaik buat aku ya kak :)